Sabtu, 28 Juli 2012

Pintu Neraka Ditemukan di Gurun Karakum



Pertama kali melihatnya, bisa jadi seperti adegan dramatis dalam film fiksi ilmiah. Tetapi lubang raksasa api di jantung Gurun Karakum nyata adanya. Timbul akibat ulah manusia.



Ini adalah kawah yang dibuat oleh ahli geologi lebih dari 40 tahun lalu, dan api di dalam telah terbakar sejak itu. Selamat Datang di Derweze di Turkmenistan - atau, sebagai penduduk setempat menyebutnya, 'Pintu ke Neraka'.



Ahli geologi Soviet melakukan pengeboran di lokasi itu pada tahun 1971 dan menyadap sebuah gua yang penuh dengan gas alam. Tapi tanah di bawah rig pengeboran runtuh, meninggalkan lubang dengan diameter 70 meter.

Khawatir bahwa lubang itu akan menyebabkan pelepasan gas beracun, tim memutuskan untuk membakarnya.



Diharapkan bahwa api akan menggunakan semua bahan bakar dalam beberapa hari, tapi gas masih menyala sampai hari ini.



Api menghasilkan cahaya emas yang dapat dilihat beberapa mil dari sekitar Derweze, sebuah desa dengan jumlah penduduk sekitar 350 jiwa.



Situs ini sekitar 260 kilometer utara Ashgabat, ibukota Turkmenistan. Pada bulan April 2010 presiden negara yang penduduknay mayoritas muslim itu, Gurbanguly Berdimuhamedow, mengunjungi situs tersebut dan memerintahkan agar lubang harus ditutup tapi ini belum terjadi.

Gurun Karakum, yang sebagian besar mencakup wilayah Turkmenistan, terletak di sebelah timur Laut Kaspia.

0 komentar

Posting Komentar